BATAMDAERAHEDITORIALPENDIDIKAN

Dewan Pers Gelar Workshop Peran Dan Fungsi Pers Dalam Pemilukada 2024 Kepri

27
×

Dewan Pers Gelar Workshop Peran Dan Fungsi Pers Dalam Pemilukada 2024 Kepri

Sebarkan artikel ini
Dewan Pers menggelar Workshop Peran Dan Fungsi Pers Dalam Pemilukada 2024 Kepri.

REGIONAL NEWS.ID, BATAM – Dewan Pers menyelenggarakan Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024 untuk pemimpin redaksi dari berbagai media. Bertempat di Haris Hotel Water Front Marina di Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (6/7/24)

Workshop bertema “Peran dan Fungsi Pers dalam Pemilu/Pilkada 2024” ditaja oleh Dewan Pers. Hadir sejumlah pembicara, termasuk Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kepulauan Riau, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau, Anggota KPID Kepri, dan Ketua Umum IJTI. Sebanyak 50 jurnalis hadir.

Dalam pembukaan workshop, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Totok Suryanto, menyampaikan pesan tentang peran media dalam pilkada. Menurutnya, pers harus memberikan informasi yang akurat, dapat diandalkan, dan dapat menambah daya intelektual masyarakat.

Toto Suryanto juga meminta pers untuk mematuhi janji Undang-Undang Pers saat menyampaikan informasi kepada publik. Beberapa peran penting pers dalam Pemilu 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Pers punya kewajiban untuk iklim demokrasi dan mendukung terselenggaranya pemilu yang sehat dan berlangsung secara fair serta terjadwal dengan tepat
  2. Pers memiliki peran penting dalam mewujudkan pemilu yang bebas, rahasia, jujur dan adil. Peran pers menjadi relevan dengan berbagai penyebaran hoaks di lini masa dan berkembangnya “buzzer”.
  3. Pers harus menjadi wasit yang profesional dan adil, nilai-nilai moral, integritas dan tanggungjawab sesuai dengan kode etik harus menjadi guidence utama.
  4. Pers punya kewajiban menjaga “kewarasan” publik dalam memilih calon-cakon pemimpinnya.
  5. Jurnalis yang terlibat dalam kontestasi politik sebagai caleg, calon pemimpin/kepala daerah dan tim sukses diminta untuk mengundurkan diri atau non aktif sementara.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi Kemitraan dan Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan, Dia mengajak para jurnalis untuk menegakkan apa yang menjadi nilai dalam Undang-undang Pers.

“Kesuksesan pemilu/pilkada tak terlepas dari , peran media, untuk itu diharapkan netralitas Media dalam menyajikan informasi, dan selalu mengedepankan keberimbangan berita,”ujarnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *