HUKRIMNASIONALPENDIDIKANPOLITIK

Jaksa Agung Lantik Wakajagung dan JAM Datun, ST Burhanuddin: Mereka Pribadi Terpilih

26
×

Jaksa Agung Lantik Wakajagung dan JAM Datun, ST Burhanuddin: Mereka Pribadi Terpilih

Sebarkan artikel ini
Jaksa Agung melantik Wakajagung, JAM Datun dan Para Kajati, ST Burhanuddin: mereka pribadi terpilih berkualitas.

REGIONAL NEWS.ID, JAKARTA – Jaksa Agung ST Burhanuddin memberikan amanat sekaligus melantik, mengambil sumpah Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara dan Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Kamis, (04/7/2024), Lantai 11, di Gedung Utama Kejagung.Jaksa Agung dalam amanatnya

 mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan menegaskan bahwa mereka adalah pribadi-pribadi terpilih yang memiliki kualitas untuk memimpin dan mendukung visi serta misi Institusi Kejaksaan. 

“Setiap peralihan tugas, promosi, dan mutasi ditandai dengan adanya prosesi pelantikan. Ini adalah pengingat bahwa terdapat tugas dan tanggung jawab baru yang harus dilaksanakan dengan amanah, kerja keras, kesungguhan, dan keikhlasan yang senantiasa berlandaskan pada integritas dan profesionalisme,” ujar Jaksa Agung.

Tugas Wakil Jaksa Agung:

Wakil Jaksa Agung yang baru diharapkan mampu berperan aktif dalam menyusun strategi kebijakan pembenahan struktur organisasi dan manajerial Kejaksaan, baik secara teknis maupun administrasi. 

Sinergitas antar bidang teknis dan pendukung diharapkan mampu menciptakan atmosfer pekerjaan yang positif, efisien, dan efektif guna hasil optimal bagi kinerja korps Adhyaksa.

Tugas Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara:

Ditekankan untuk mengoptimalkan peran sebagai penasihat hukum utama bagi pemerintah dalam bidang perdata dan tata usaha negara. Peran Jaksa Pengacara Negara juga diharapkan dapat mewakili negara dengan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas yang tinggi guna mencapai kepentingan hukum negara. 

Selain itu, penting untuk memahami anatomi dan proses bisnis BUMN dan BUMD guna memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

Tugas Para Kepala Kejaksaan Tinggi:

Diharapkan mampu beradaptasi dengan cepat, mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan baru, serta memastikan penegakan hukum yang normatif dan proporsional. 

Mereka juga diharapkan menjaga integritas diri dan keluarga serta melakukan pengawasan secara struktural maupun personal di satuan kerja masing-masing.

Pejabat Dilantik:

  • Feri Wibisono, S.H., M.H., C.N. sebagai Wakil Jaksa Agung
  • Dr. R. Narendra Jatna, S.H., LL.M. sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara
  • Dr. Hermon Dekristo, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi
  • Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat
  • Hendrizal Husin, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua
  • Dr. Siswanto, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Banten

Jaksa Agung berharap setiap pejabat yang baru dilantik dapat menunjukkan kinerja dan prestasi nyata dengan konsisten pada kebenaran agar Kejaksaan menjadi lembaga penegak hukum nomor satu. 

Ia juga mengingatkan agar para pejabat baru tidak melakukan penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang, menegaskan bahwa tindakan tegas akan diambil terhadap penyelewengan.

Di akhir, Jaksa Agung mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama dan istri mereka yang telah mendukung tugas-tugas tersebut.

Hadir dalam acara pelantikan ini, Ketua Komisi Kejaksaan RI, Para Jaksa Agung Muda, Para Kepala Badan, Para Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat beserta anggota, serta Para Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Kejaksaan Agung.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *