DAERAHEDITORIALTANJUNGPINANG

BPBD Tanjungpinang Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem dan Potensi Bencana Alam

25
×

BPBD Tanjungpinang Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem dan Potensi Bencana Alam

Sebarkan artikel ini
Cuaca ekstrem, (gambar ilustrasi).

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Dalam sepekan terakhir, curah hujan terus mengguyur wilayah Tanjungpinang, sejak pagi hingga sore hari. Hujan deras disertai angin kencang berpotensi membahayakan keselamatan masyarakat Kepulauan Riau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang mengantisipasi berbagai kemungkinan dan menghimbau supaya masyarakatvtetap waspada dan berhati-hati menghadapi kondisi cuaca saat ini.

Kepala BPBD Tanjungpinang, M Yamin, melalui pesan singkat Whatapps menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap angin kencang dan potensi bencana alam, seperti banjir dan pohon tumbang.

“Selalu waspada terhadap cuaca saat ini, hati-hati terhadap angin kencang, banjir, tanah longsor akibat kikisan air hujan serta pohon tumbang. Agar masyarakat peduli dan saling membantu jika terjadi bencana yang tidak kita inginkan dan segera menghubungi pihak terkait seperti BPBD, Kelurahan, dan stakeholder lainnya,” sebut Yamin.

Khusus untuk wilayah pesisir, Yamin mengingatkan agar waspada terhadap angin kencang atau puting beliung serta air pasang laut. Curah hujan yang tinggi dapat mempercepat terjadinya banjir di daerah pesisir.

“Untuk itu tetap selalu waspada. Jika terjadi banjir, agar mematikan aliran listrik PLN, mengamankan alat-alat elektronik, berkas-berkas penting seperti ijazah, serta waspada terhadap hewan reptil seperti ular dan buaya. Semoga kita semua terhindar dari bencana yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

BPBD Tanjungpinang mengajak seluruh masyarakat untuk saling bahu-membahu dalam menghadapi potensi bencana ini dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika terjadi kondisi darurat.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *