DAERAHEKONOMITANJUNGPINANG

Kementerian PUPR Pinjam Pakai Pasar Puan Perak Senin Depan: Pj Wako, Segera Lokalisir Pedagang

50
×

Kementerian PUPR Pinjam Pakai Pasar Puan Perak Senin Depan: Pj Wako, Segera Lokalisir Pedagang

Sebarkan artikel ini
Pasar Puan Perak, Jalan Gambir Kota Tanjungpinang, Kepri

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang segera mengoperasikan Pasar Encik Puan Perak pada Senin pekan depan. Setelah pasar di pinjam pakai dari Kementrian PUPR, Senin (22/4/2024).

Penjabat (Pj) Walikota Tanjungpinang, Hasan S. Sos meminta BUMD PT TMB sebagai pengelola pasar segera melokalisir para pedagang ke tempat-tempat yang telah disediakan, sehingga tak adalagi pedagang yang berjualan di bahu jalan.

Menurut Hasan, penempatan para pedagang juga akan sesuai dengan rencana awal yang sudah ditetapkan di setiap tingkatan bangunan pasar, Pemko juga tidak akan memungut biaya penempatan untuk beberapa waktu kedepan.

“Tidak dibenarkan lagi pedagang berjualan di tepi jalan, kepada pedagang agar segera berkoordinasi dengan pihak BUMD Tanjungpinang untuk bisa masuk ke pasar,” kata Hasan, Jumat (19/4/2024).

Hasan juga memberikan waktu kepada pihak BUMD hingga Senin untuk penempatan pedagang, ia mengingatkan jangan ada yang bermain-main dengan kepentingan masing-masing terhadap pasar baru tersebut.

“Ini murni untuk pedagang, silahkan memanfaatkan fasilitas pasar yang telah disediakan. Maka saya minta BUMD segera koordinasi mulai hari ini,” jelasnya.

Sementara itu Direktur BUMD Tanjungpinang Windrasto Dwi Guntoro menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk penempatan pasar baru, para karyawan BUMD juga telah dibekali pelatihan salah satunya terkait Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Sedangkan untuk blom D saat ini tinggal persiapan saluran air asin untuk pedagang ikan sesuai kebutuhan mereka, insyaallah besok sudah selesai,” terangnya.

Dwi Guntoro menuturkan sesuai dengan ketentuan waktu yang diberikan, BUMD telah melakukan pendekatan, sosialisasi, imbauan dan pemberitahuan kepada para pedagang.

“Cuma kita sedang melakukan penertiban PKL, seperti permintaan dari para pedagang agar bisa masuk semua sesuai dengan pernyataan Disdagin,” ungkapnya.

Berdasarkan data BUMD, terdapat 450 pedagang yang sudah mendaftar ulang, BUMD juga optimis para pedagang dapat menempati Pasar Encik Puan Perak sesuai waktu yang ditentukan.

“Kita optimis, karena sekarang sudah mulai masuk barang, maka kami minta kepada pemerintah suatu regulasi untuk penertiban supaya pedagang bisa tertib dan teratur,” pungkasnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *