DAERAHKARIMUNKHAZANAH

Gubernur Ansar Buka Peresmian MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024

41
×

Gubernur Ansar Buka Peresmian MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Gubernur Ansar membuka peresmian MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024

REGIONAL NEWS.ID, KARIMUN – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad,. didampingi Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, membuka secara resmi MTQ ke XVI tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, di Astaka Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, Coastal Area. Selasa (17/04/2024).

Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar, setelah sebelumnya diawali dengan khotmil Quran.

Dengan mengusung tema ”Dengan MTQ Ke-XVI Kabupaten Karimun Tahun 2024 Kita Wujudkan SDM Qur’ani dalam Kehidupan Masyarakat Karimun Nan BERSIH (Beriman, Sehat, Indah, Harmoni) dan Mandani”.

MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 16 sampai dengan 21 April 2024.

Acara ini di ikuti sekitar 257 peserta dan diikuti 14 Kecamatan Se-kabupaten Karimun. Untuk cabang yang diperlombakan diantaranya Tartil Qur’an, Tilawah Qur’an, Fahmil Qur’an,Shahril Qur’an serta Tahfidz Qur’an.

Rinciannya cabang Tilawah Al-Qur’an 112 peserta (14 putra dan 14 putri),Syahril Qur’an 42 peserta (14 Regu),Fahmil Qur’an 36 peserta (12 regu).

Kemudian cabang Tahfidz Qur’an 67 peserta putra-putri, terdiri dari 1 juz Tilawah 23 orang, 5 juz Tilawah 18 orang. Selain itu,10 juz Tilawah 14 orang,20 juz Tilawah 8 orang dan 30 juz Tilawah 4 orang.

Perlombaan setiap cabang dilaksanakan di enam lokasi berada. Untuk cabang Tilawah remaja dan Dewasa di Astaka Utama Coastal Area.

Tartil dan Tilawah anak -anak di Masjid Baiturrahman, Tahfidz 10-30 juz di Masjid Baitul Karim, Tahfidz 1-5 juz di Darul Jannah, Syahril Qur’an di Gedung Nasional dan Fahmil Qur’an di Balai Haji Tebing.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun mengatakan pelaksanaan MTQ Harus jadi momentum strategis dalam pembangunan,serta bukan hanya ajang seremonial belaka.

”Untuk mendorong semangat masyarakat mensyiarkan Al-Qur’an,mengkaji Dan internalisasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk pemicu semangat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.” harapannya.

Bupati Karimun juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Karimun dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan MTQ sampai denga selesai.

”Masyarakat dapat berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke XVI Kabupaten Karimun,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun,Tim Percepatan Pembangunan Kepulauan Riau,kepala OPD Kepulauan Riau, Forkompinda Kabupaten Karimun, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun serta kepala OPD Kabupaten Karimun.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *