DAERAHTANJUNGPINANG

Masuk Puncak Arus Mudik: BMKG, Kecepatan Angin dan Gelombang Laut Relatif Normal

37
×

Masuk Puncak Arus Mudik: BMKG, Kecepatan Angin dan Gelombang Laut Relatif Normal

Sebarkan artikel ini
Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Robby.

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memprediksi gelombang laut di perairan Bintan beberapa waktu ke depan dalam kategori rendah atau aman menjelang arus mudik lebaran 2024.

Pantauan ketinggian gelombang laut pada awal April 2024 ini tidak terlalu signifikan berkisar 0,5-1 meter, kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang Robbi, Jumat (29/3/2024).

“Kalau gelombang laut di wilayah Kepri khususnya perairan Bintan dalam kondisi aman dan tidak terlalu siginifkan, jadi bisa dipastikan untuk arus mudik di jalur laut masih bersahabat,” jelas Robbi.

Selain gelombang laut, BMKG juga memprediksi kecepatan angin masih tergolong normal hingga mudik lebaran nanti. “Kalau angin masih normal diantara 5-30 km per jam,” imbuhnya.

Meski begitu, BMKG tetap menghimbau untuk selalu waspada, terkhusus ketika terjadi hujan ekstrem di laut saat menjelang arus mudik.

Apalagi, sebentar lagi akan memasuki puncak arus mudik lebaran, dan tidak sedikit para pemudik antar pulau akan memadati seluruh pelabuhan untuk menyebrangi laut melalui armada kapal.

“Kemarin sudah mulai muncul kondisi-kondisi yang kita amati akan terjadi hujan, hanya saja tiupan angin Utara masih cukup kuat. Kami himbau agar masyarakat dapat mengupdate situasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG,” pungkasnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *