BINTANTANJUNGPINANG

Pelindo Region I Tanjungpinang Optimalkan Layanan dan Fasilitas Pelabuhan 

45
×

Pelindo Region I Tanjungpinang Optimalkan Layanan dan Fasilitas Pelabuhan 

Sebarkan artikel ini
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sebelum di renovasi.

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Tanjungpinang bersedia optimalkan pelayanan keberangkatan maupun kedatangan penumpang domestik dan internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

GM Manager Pelindo Regional I Tanjungpinang, Darwis melalui Manager Operasi Raja Junjungan Nasution mengatakan pihaknya telah berkomitmen mengoptimalkan pelayanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

Komitmen yang terus digesa, mulai dari kesiapan fasilitas dengan melaksanakan penataan, pemeliharaan, perawatan hingga pelayanan jasa administrasi operasional pelabuhan.

“Peningkatan pelayanan kepada penumpang sudah menjadi komitmen kami, mulai dari E-pass dan lain sebagainya. Kita juga sedang mengoptimalkan boarding sistem (PtosR),” kata Raja Junjungan, Selasa (12/3/2024).

Ia menjelaskan bahwa kedua terminal penumpang tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, untuk pelabuhan SBP Tanjungpinang melayani penumpang jalur domestik maupun internasional (Malaysia dan Singapura) dengan armada kapal atau ferry.

“Sementara untuk terminal penumpang Sei Kolak Kijang hanya melayani penumpang domestik dan kapal yang bersandar yang dilakukan PT. Pelni sebagai operator, seperti Umsini, Bukit Raya dan seterusnya,” ungkap Junjungan.

Menurutnya, hingga kini proses penataan dan perawatan sedang berlangsung, baik di Terminal Pelabuhan SBP maupun di Terminal Penumpang Sei Kolak Kijang.

Direktur Operator Ferry Terminal Penumpang SBP Tanjungpinang, Karim membenarkan bahwa saat ini Pelindo selalu berbenah terhadap fasilitas yang di kelolanya.

“Jalur komunikasi dan koordinasi dengan Pelindo Tanjungpinang juga berjalan dengan baik,” kata dia.

Apalagi, berdasarkan rilis dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kemenhub RI baik pusat maupun unit KSOP di daerah, mengungkapkan bahwa pelabuhan SBP merupakan pelabuhan penumpang terpadat dan tersibuk saat hari besar Idul Fitri dan Nataru 2023-2024 berskala nasional.

Sehingga pihak Pelindo Tanjungpinang sebagai pengelola pelabuhan akan terus melakukan peningkatan pelayanan serta improvisasi bersinergi dengan instansi terkait untuk menjamin terciptanya pelayanan yang baik, hingga selalu mengantisipasi di hari-hari besar.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *