DAERAHPOLITIKTANJUNGPINANG

Perubahan Data Perolehan Suara Pemilu DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang: PDIP Terganjal, Demokrat Tetap Gagal Peroleh Kursi

691
×

Perubahan Data Perolehan Suara Pemilu DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang: PDIP Terganjal, Demokrat Tetap Gagal Peroleh Kursi

Sebarkan artikel ini
Perubahan data perolehan suara DPRD Kepri, PDIP Terganjal, Demokrat tetap gagal memperoleh kursi.

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Dinamika baru perubahan data perolehan suara Pemilu DPRD Provinsi Kepulauan Riau dalam hasil rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Tanjungpinang, Ahad (3/3/2024) di Ball Room CK Hotel, Kota Tanjungpinang, Kepri.

Dalam rapat Pleno mengungkapkan adanya pergeseran perolehan suara antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat.

Dimana sebelumnya, selisih suara antara PDIP dan Hanura mencapai 130 suara untuk pemilihan DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang. Namun setelah kotak suara dibuka ditemukan kejanggalan perhitungan perolehan suara, terutama di tiga TPS Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.

“Perolehan suara mengalami perubahan drastis. PDI P sepertinya gagal menambah suara. Hasilnya malah terbalik”.

Ketua KPU Tanjungpinang, Muhammad Faizal, menjelaskan perubahan data tersebut berawal dari keberatan yang diajukan oleh Partai Hanura.

Dalam debat data, ditemukan perbedaan signifikan antara hasil perhitungan yang dilaporkan (C hasil) dan salinan yang diterima oleh partai politik (C salinan) di tiga TPS yang disebutkan.

Ketika terjadi debat data, sanding data, ternyata bisa kawan-kawan saksikan sendiri ada perbedaan data yang memang signifikan,” ujar Faizal.

Akibat perubahan ini, PDIP dengan caleg Yuniarni Pustoko Weni, harus menelan kegagalan merebut kursi kelima DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang.

Sementara Partai Demokrat dengan caleg Eis Asmawati, meskipun mendapat tambahan 30 suara di PPK Bestari, tetap tidak berhasil memperoleh kursi DPRD Kepri.

Perubahaan Data DPRD Tanjungpinang Dapil Bestari

Perubahan data tersebut mengakibatkan penurunan 30 suara untuk caleg PDIP nomor urut 02, Edi Sidabutar. Sehingga total suara PDIP berkurang menjadi 3.046 suara untuk pemilihan DPRD Tanjungpinang.

“Sehingga total suara PDIP berkurang dari 3.076 suara menjadi 3.046 suara untuk perolehan di Dapil Bukit Bestari”.

Di sisi lain, terjadi penambahan 30 suara untuk caleg Partai Demokrat nomor urut 02, Firman Priyudi Agung. Sehingga total suara Demokrat meningkat menjadi 1.312 suara di DPRD Tanjungpinang. Sementara total suara untuk DPRD Kepri menjadi 6.863 suara dari 6.833 suara.

KPU akan memperbaiki data tersebut berdasarkan Keputusan KPU Nomor 219 tentang Petunjuk Pelaksana Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Hasil Pemilihan Umum.

Meskipun sebelumnya telah terdeteksi kejanggalan, perbaikan hanya bisa dilakukan melalui rapat pleno tingkat kota sesuai mekanisme yang ada.

Tetapi secara mekanisme kami tidak boleh melakukan pembetulan dan hanya melalui mekanisme rapat pleno tingkat kota,” kata M. Faisal, Ketua KPU Tanjungpinang.

Dengan demikian, untuk kursi kelima DPRD Provinsi Kepri tetap dipegang Partai Hanura dengan caleg Rudi Chua. 

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *