DAERAHNEWSPOLITIK

Perebutan Kursi DPR RI Dapil Kepri Sengit: Posisi Soerya Respationo Belum Kategori Aman

219
×

Perebutan Kursi DPR RI Dapil Kepri Sengit: Posisi Soerya Respationo Belum Kategori Aman

Sebarkan artikel ini
Calon anggota DPR RI Dapil Kepri, Dr. Soerya Respationo.

REGIONAL NEWS.ID, BATAM – Berdasarkan data resmi KPU, Kamis (29/2/2024), Perebutan jatah empat kursi DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kepulauan Riau semakin sengit dan mendebarkan untuk kursi ke empat, antara Soerya Respationo dari PDI Perjuangan dengan Mantan Gubernur Kepri H. Isdianto dari PKB.

Selain itu, perebutan kursi juga terjadi di internal partai yang sudah lebih dulu memastikan mendapat kuota untuk kursi wakil rakyat di Senayan.

Berdasarkan laman data KPU RI, kursi pertama untuk sementara sudah diamankan oleh Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini sudah mengantongi 67.946 suara atau sekitar 19.9 %.

Kendati demikian, siapa yang akan mewakili Partai Golkar masih menjadi rebutan antara Rizki Faisal dengan Cen Sui Lan yang terpaut tidak begitu jauh jumlah perolehan suara keduanya. 

Dari data yang sudah masuk ke KPU 48,02 %, Wakil Ketua DPRD Kepri Rizki Faisal brrhasil mengantongi 29.111 jumlah suara. Dia dipepet oleh incumben Cen Sui Lan dengan perolehan 28.078 suara.

Sementara untuk kursi ke dua diamankan oleh Partai Gerinda. Endipat Wijaya menjadi calon tunggal dengan perolehan suara tertinggi 29.428 suara.

Nasdem, untuk sementara mendapat kursi ke tiga dengan perolehan 42.638 suara. Wakil yang akan duduk diperkirakan diambil oleh anak Wali Kota Batam Rudi, Randi Zulmariadi. 

Randi memperoleh 21.126. Suara dia unggul jauh dari incumben Nyat Kadiryang baru memperoleh 15.571 suara.

Sedangkan untuk kursi ke empat PDI Perjuangan dan PKB masih saling berebut jatah. Selisih perolehan suara antara kedua partai sangat tipis.

Saat ini PDIP memperoleh 37.748 suara. Sementara PKB mendapat 37.428 suara.

Apabila PDI Perjuangan mendapat kursi ke 4, maka wakil yang akan duduk adalah mantan Gubernur Kepri Soerya Respationo. Namun jika PKB yang dapat kuota kursi terakhir, maka yang akan duduk dan menjadi perebutan antara Isdianto 12.533 suara dengan 11.632 suara.

Melihat tipisnya jarak perolehan suara di internal partai antar caleg dan antar partai di kursi ke 4, bisa diprediksi, bakal ada yang maju ke MK untuk mempersoalkan perolehan suara ini.

“Mari kita tunggu, ketok palu terakhir KPU, siapa yang akan duduk di DPR dari Dapil Kepri”.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *