KESEHATAN

Se-Indonesia, Pemkot Tanjungpinang Juara 1 Cakupan Imunisasi Rutin

393
×

Se-Indonesia, Pemkot Tanjungpinang Juara 1 Cakupan Imunisasi Rutin

Sebarkan artikel ini
Pemkot Tanjungpinang Juara 1 Cakupan Imunisasi Rutin Nasional

REGIONAL NEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Kota Tanjungpinang meraih juara 1 dari seluruh Kabupaten/Kota seluruh indonesia untuk cakupan imunisasi rutin tertinggi triwulan I tahun 2022.

Walikota Tanjungpinang Rahma S.IP bersama Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Elfiani Sandri, MPH menerima penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (22/4).

World Health Assembly pada tahun 2012 telah menginisiasi pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia (PID) pada minggu ke-4 Bulan April setiap tahunnya. PID bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran penting imunisasi dan melaksanakan percepatan imunisasi sebagai upaya untuk mencegah penyakit menular.

Menteri Kesehatan, Ir. Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemko Tanjungpinang atas capaian yang diperoleh.

“Selamat kami ucapkan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Kesehatan, pencapaian target imunisasi paling baik se-Indonesia. Semoga dapat terus dipertahankan, demi kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Apresiasi setinggi-tingginya disampaikan Rahma kepada Kementrian Kesehatan atas penilaian yang telah dilakukan. “Terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang sudah menilai Kota Tanjungpinang terbaik tingkat nasional.

Penghargaan ini akan menjadi semangat kami untuk terus menggalakkan vaksinasi bagi anak di tengah masyarakat. Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang beserta seluruh jajarannya saya ucapkan terimakasih, teruslah mengukir prestasi yang terbaik untuk menyelamatkan anak-anak di kota Tanjungpinang,” ujar Rahma.

“Imunisasi dasar sangat penting untuk mencegah penyakit, peran dan kesadaran orang tua untuk memahami vaksinasi diberikan terhadap anak sejak lahir sampai mereka dewasa,” terang Rahma.

Selanjutnya kata Rahma, peran orang tua melengkapi imunisasi anak mesti didukung sosialiasi seluruh pihak secara berkelanjutan.

“Imunisasi terbukti efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat mencegah beragam penyakit menular. Swbab itu imunisasi dasar lengkap anak sangat penting untuk melindungi anak-anak,” tuturnya.

Untuk kader posyandu, terus melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang imunisasi,” tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Dr. Elfiani Sandri, MPH turut menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota yang selalu memberikan dukungannya.

“Atas dukungan dan motivasi yang diberikan kepada kami, sehingga bersama jajaran tenaga kesehatan semakin bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh dilapangan,” ujarnya.

Sandri menambahkan, capaian yang diperoleh saat ini tentu tidak akan tercapai dengan sendirinya, tanpa kerja keras dari semua pihak mulai dari dinas kesehatan, puskesmas dan kader posyandu.

“Seperti yang kita ketahui bersama, pelaksanaan imunisasi ini dilaksanakan di posyandu dan juga di puskesmas. Untuk mencapai seluruh sasaran, bersama tenaga kesehatan dilapangan melakukan program kejar imunisasi, dimana kami mengunjungi rumah-rumah anak yang seharusnya sudah di imunisas,” katanya.

Hal ini tentu peran masyarakat dan para kader sangat membantu petugas lapangan puskesmas,” tuturnya. (R)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *