KHAZANAH

Cek Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Tanjung Pinang, Kepri

312
×

Cek Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Tanjung Pinang, Kepri

Sebarkan artikel ini

REGIONAL NEWS.ID,TANJUNGPINANG – Jadwal imsak, buka puasa, dan waktu shalat selama Ramadhan 2022 untuk Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riaiu (Kepri) dan sekitarnya sudah bisa dilihat serta di-download melalui laman Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Awal puasa Ramadhan 2022 atau 1443 H di Indonesia akan diputuskan melalui Sidang Isbat yang dilangsungkan pada Jumat (1/4/2022) di Jakarta oleh Kementerian Agama RI, MUI, dan perwakilan ormas-ormas Islam di Indonesia.

Sidang Isbat juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya.

Sidang akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kemenag secara hybrid atau gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Sementara itu, setelah memasuki bulan Ramadan, umat Islam harus memerhatikan jadwal waktu imsakiyah, waktu salat, dan waktu buka puasa.

Terdapat perbedaan tiga zona waktu di Indonesia, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) yang menjadikan tiap daerah memiliki jadwal sendiri-sendiri sebagai penetapan imsakiyahnya.

Cara Cek Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Tanjung Pinang, Kepri Anda bisa mengecek jadwal imsakiyah Ramadhan 2022 di Kota Tanjung Pinang, Kepri melalui situs web Kemenag yang dikelola Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam).

Kemenag menyediakan info lengkap jadwal imsakiyah dan shalat lima waktu (termasuk waktu maghrib atau waktu buka puasa) untuk periode bulan Ramadhan 2022 (1443 Hijriyah).

Ditjen Bimas Islam menyediakan jadwal imsakiyah Ramadhan 2022 untuk setiap kabupaten/kota di 34 provinsi. Jadwal itu memuat petunjuk waktu Imsak, Subuh, Matahari Terbit, Duha, Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya.

Selain mengakses jadwal imsakiyah secara langsung di situs resmi Bimas Islam, masyarakat juga bisa mengunduh dokumen jadwal imsakiyah itu dalam bentuk file, sehingga bisa dibaca secara offline.

Berikut ini cara mengecek jadwal imsakiyah dan buka puasa Ramadhan 2022 di situs Bimas Islam Kemenag:

1. Klik link bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah;

2. Pilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun 1443 H/2022 M;

3. Klik ikon search (akan muncul keterangan “Proses Data”);

4. Jadwal imsakiyah sejak tanggal 1-30 Ramadhan 1443 akan muncul.

Untuk mengunduh jadwal imsakiyah, klik ikon awan berwarna hijau dengan keterangan “Export Excel”. File excel berisi jadwal imsakiyah per kabupaten/kota akan terunduh otomatis dan tersimpan di gawai Anda. (net)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *