DAERAHEDITORIALEKONOMIMARITIM

Sebanyak 35 IKM Ikut Pelatihan Sistem Jaminan Halal Disdagin Tanjungpinang

22
×

Sebanyak 35 IKM Ikut Pelatihan Sistem Jaminan Halal Disdagin Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
Sebanyak 35 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tanjungpinang mengikuti Pelatihan Sistem Jaminan Halal digelar Disdagin Kota Tanjungpinang.

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Sebanyak 35 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tanjungpinang mengikuti Pelatihan Sistem Jaminan Halal yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dari Senin, 8 Juli hingga Selasa, 9 Juli 2024, di Hotel CK Tanjungpinang.

Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang, Riany, menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung pengembangan IKM di Tanjungpinang.

“Dengan mendapatkan sertifikasi halal, produk-produk IKM kita bisa meraih peluang di pasar yang lebih luas, sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing dan ekonominya,” ujarnya dalam sambutan penutupan kegiatan tersebut pada Selasa, 9 Juli 2024.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan dan dukungan kepada para pelaku IKM agar usahanya semakin berkembang dan berdaya saing di pasar nasional maupun internasional.

“Sertifikasi halal tidak hanya penting bagi konsumen Muslim, tetapi juga menunjukkan komitmen produsen terhadap kualitas dan kebersihan produk mereka,” tambah Riany.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Kepri.

Mereka memberikan pemahaman mengenai prosedur pengajuan sertifikasi halal, standar halal dalam proses produksi, hingga pengelolaan bahan baku yang sesuai dengan ketentuan halal.

Salah satu peserta, Yuliatin, pemilik usaha makanan ringan, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelatihan ini.

“Kegiatan ini sangat membantu kami untuk memperoleh sertifikat halal. Alhamdulillah, dengan sertifikasi ini, produk kami dapat lebih diterima di pasar yang lebih luas,” katanya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *