DAERAHEDITORIALTANJUNGPINANG

Ketua KPU Kepri Kunjungi Kantor PWI, Bahas Kerjasama Suksesi Pemilukada

42
×

Ketua KPU Kepri Kunjungi Kantor PWI, Bahas Kerjasama Suksesi Pemilukada

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi SH,MH 
mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri.

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG -Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi SH,MH mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri di Komplek Sentral Kencana Nomor 20, Jalan Tanjung Uban Lama, Tanjungpinang. 

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerjasama dalam upaya menyukseskan Pilkada serta meningkatkan partisipasi pemilih, Senin (10/6/24).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua PWI Kepri, Andi, menyampaikan harapannya agar silaturahmi ini tidak berhenti di sini saja.“Mudah-mudahan silaturahmi tidak kali ini saja, akan adalagi, dan terus kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Andi juga menekankan pentingnya peran wartawan dalam meluruskan informasi yang simpang siur terkait proses pemilu. “Saya berharap ada arahan PWI Kepri untuk sukseskan Pilkada. Yang menjadi tugas wartawan meluruskan informasi yang simpang siur tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Indrawan Susilo Prabowoadi menyampaikan berbagai inisiatif yang dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. 

Meskipun jumlah pemilih secara absolut meningkat, persentase partisipasi menunjukkan penurunan dibandingkan pemilu sebelumnya. Hal ini disebabkan peningkatan jumlah pemilih terdaftar yang lebih besar daripada jumlah pemilih yang hadir di TPS.

Untuk menghadapi tantangan ini, KPU Provinsi Kepri bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk media dan organisasi wartawan seperti PWI, untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat. 

“Kami memiliki berbagai program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkecimpung dalam jurnalistik dan fotografi. Dengan pemberitaan dan foto yang baik, kami berharap masyarakat dapat memahami pentingnya partisipasi dalam pemilu,” ujar Indrawan.

Upaya lain yang dilakukan adalah penyebaran informasi melalui iklan di berbagai media, baik cetak maupun online. 

“Kami juga berencana menempatkan iklan di berbagai media. Kami ingin mendapatkan masukan mengenai kualifikasi media yang cocok untuk menerima iklan ini, agar informasi bisa sampai ke masyarakat dengan tepat,” tambahnya.

Selain itu, program rekrutmen untuk petugas pemilu sedang berjalan dengan target merekrut sekitar 5.964 petugas yang akan bekerja mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024. 

“Petugas TPS untuk wilayah dengan jumlah pemilih di atas 400 akan disiapkan 2 petugas untuk memastikan akurasi data. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan proses pemilu ini,” jelas Indrawan.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dapat meningkat, sehingga partisipasi pemilih pada pemilu mendatang akan kembali meningkat.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *