INTERNASIONALNASIONALOLAHRAGA

Bintan Triathlon Diikuti 400 Atlet Dari 35 Negara, Kadispar Kepri: Penanda Kebangkitan Pariwisata 

46
×

Bintan Triathlon Diikuti 400 Atlet Dari 35 Negara, Kadispar Kepri: Penanda Kebangkitan Pariwisata 

Sebarkan artikel ini
Peserta Bintan Triathlon di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepri

REGIONAL NEWS.ID, BINTAN – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Guntur Sakti menyatakan ajang bergengsi Bintan Triathlon 2024 mampu menarik perhatian lebih dari 400 atlet yang berasal dari 35 negara di dunia.

“Bintan Triathlon, salah satu ikon olahraga dan wisata (sport tourism) Bintan kembali digelar tahun ini setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19,” kata Guntur Sakti di Bintan, Sabtu, dilansir dari laman Antara Kepri.

Olahraga Triathlon ini menguji ketahanan fisik melalui renang, bersepeda dan berlari secara berurutan yang dipusatkan di kawasan wisata Lagoi, Bintan. Kegiatan digelar selama dua hari hingga Minggu (2/6) pagi.

Flag Off Bintan Triathlon kategori Enduro (101,5 kilometer), Olympic (51,5 kilometer) dan Sprint (25,75 kilometer) berhasil mengguncang perhatian seluruh pasang mata yang hadir.

Menariknya lagi, kata Guntur, atlet Triathlon ternama tanah air seperti Andy Wibowo, Inge Prasetyo dan Chaidir Akbar turut serta dalam kompetisi ketangkasan dan ketangguhan fisik ini.

Guntur mengapresiasi kegiatan yang digelar Bintan Resorts Cakrawala (BRC) bersama TriFactor serta dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Bintan maupun Provinsi Kepri ini berjalan sangat sukses.

“Bintan Triathlon tahun ini luar biasa, karena pesertanya pun bertambah dari tahun lalu. Ini salah satu jawaban bahwa pariwisata, khususnya di Bintan benar-benar bangkit kembali,” ujarnya.

Ia menambahkan para atlet dari berbagai negara juga merupakan atlet yang cukup punya nama dalam dunia Triathlon. Nama besar seperti Arthur Tong, Elaine Young dan Choo Ling Er dari Singapura merupakan duta-duta yang mendukung gelaran Bintan Triathlon 2024.

Ada juga beberapa atlet mancanegara yang semakin menambah pesona kelas dunia dalam Bintan Triathlon.

“Pemprov Kepri selalu siap sepenuhnya mendukung agenda yang mengangkat nama Bintan di mata dunia ini. Tidak hanya kita kenalkan pesona alam Bintan, tapi kita kenalkan juga semua kekayaan yang ada di daerah ini,” kata Guntur.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Arief Sumarsono mengatakan ajang Bintan Triathlon itu turut menggandeng pelaku UMKM Bina Karya dari Desa Ekang Anculai, grup penjahit sebagai penyedia tas race pack bagi peserta, bekerja sama dengan UMKM Pioneer Sablon dari Desa Sebong Pereh di Kabupaten Bintan.

Selain perlombaan olahraga, katanya, Bintan Triathlon 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai festival di Plaza Lagoi.

Pengunjung dapat menikmati keindahan wisata alam Bintan sekaligus menyaksikan aneka pertunjukan tradisional dan moderen seperti tari-tarian, musik kolintang, serta bazar UMKM dalam suasana karnival yang semarak.

“Selain berdampak pada sektor wisata, ajang ini turut membangkitkan perekonomian para pelaku UMKM,” kata Arief.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *