BATAMDAERAHEDITORIAL

Polda Kepri Apdesi Teken Kerjasama Peningkatan Han Pangan dan Keamanan Desa 

38
×

Polda Kepri Apdesi Teken Kerjasama Peningkatan Han Pangan dan Keamanan Desa 

Sebarkan artikel ini
Polda Kepri Apdesi teken kerjasama Peningkatan Han Pangan dan Keamanan Desa 

REGIONAL NEWS.ID, BATAM – Polda Kepri menggelar penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri. Jumat (17/05/2024).

Turut hadir, Kapolda Kepri Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, Gubernur Kepri, diwakili asisten 1 Arif Fadhila, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, PJU Polda Kepri, Kepala Dinas Pemerintah Desa Provinsi Kepri H. Misbardi, Ketua DPD APDESI Kepri H. Nazar Iman, Para Ketua DPC APDESI Kabupaten, Seluruh Kepala Desa Provinsi Kepri, Para Kasat Binmas Polresta/Jajaran, Para Kabag Ops Polresta/Jajaran. 

Dalam sambutannya, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kepri, H. Nazar Iman, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya acara ini. 

Ia melaporkan bahwa acara ini dihadiri oleh 185 Kepala Desa dari berbagai wilayah di Kepri seperti, Natuna, Anambas, Lingga, dan Bintan. 

Dengan adanya kerja sama ini sangat membantu para Kepala Desa dalam menjalankan Tugas yang penuh tantangan,” ujar Nazar Iman. 

“Seluruh Kepala Desa se-Kepri, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kapolda yang telah mengajak kami bekerja sama dan membantu kami dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Desa,” tuturnya

Nazar Iman mengutarakan kami menyadari bahwa keberadaan kami di Kepri ini masih banyak kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu, kami sangat berbesar hati dan kembali mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kepri yang telah menginisiasi acara dan kerja sama ini.

Kami berharap kepada Kapolda Kepri bersedia membantu dan membimbing kami dalam melaksanakan tugas. Apabila nanti ada masalah gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), kami mohon bantuan untuk diberikan arahan dan petunjuk agar kami selaku kepala desa bisa memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada Masyarakat,” sambungnya.

Kapolda Kepri Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah menyambut baik pelaksanaan kerja sama ini. Diharapkan dapat tercipta kolaborasi yang menghasilkan capaian kinerja lebih produktif. 

Irjen Pol Yan Fitri memgatakan Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Kementerian Pertanian telah berupaya meningkatkan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan melalui solusi cepat dan optimalisasi. 

“Dengan penandatanganan ini, kami berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintahan desa dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat Daerah Kepulauan Riau,” kata Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri.

Pertukaran data atau informasi terkait pelaksanaan kerja sama dapat dilakukan secara tertulis maupun melalui bimbingan teknis. Peningkatan SDM dilakukan melalui pembinaan, penyelenggaraan kegiatan penyuluhan, sosialisasi, FGD, dan pelatihan dasar di bidang keamanan dan ketertiban. 

Pendampingan oleh Polri melalui Bhabinkamtibmas dalam pengelolaan dana desa yang baik dan akuntabel menjadi prioritas utama dalam menjaga transparansi. Mengingat perbedaan tugas pokok dan kepentingan antara lembaga pemerintah dan Polri, tidak menutup kemungkinan terjadi perbedaan persepsi di lapangan.

Oleh sebab itu, Kapolda Kepri mengatakan perjanjian kerja sama ini harus didukung dengan semangat kemitraan dan sinergitas. Dengan pelaksanaan kerja sama ini kami yakin bahwa kendala-kendala yang muncul dapat diatasi dan tujuan bersama dapat dicapai.

“Untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store, ungkap Kombes Pol Zahwani Pandra menambahkan.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *