DAERAHHUKRIM

Pungli Rutan Cabang KPK, Penyidik Periksa Mantan Ajudan Apri Sujadi dan Tenaga Kontrak 

71
×

Pungli Rutan Cabang KPK, Penyidik Periksa Mantan Ajudan Apri Sujadi dan Tenaga Kontrak 

Sebarkan artikel ini
Terkait Pungli Cabang Rutan KPK, Penyidik KPK Periksa Mantan Ajudan Apri Sujadi dan Tenaga Kontrak 

REGIONAL NEWS.ID, BINTAN – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa dua orang saksi, terkait perkara dugaan Korupsi berupa pemerasan dilingkungan Rutan Cabang KPK, bertempat diruangan KBO Satreskrim dan ruangan Restorative Justice (RJ) Mapolres Bintan, pada Selasa (14/5).

Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyampaikan,  Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan dua orang saksi bertempat di Polres Bintan.

Kedua orang tersebut yaitu Sukirman salah satu pegawai kontrak di Pemkab Bintan yang diduga merupakan mantan ajudan Bupati Apri Sujadi dan Haris Yan Nugraha dari pihak swasta.

“Terkait penyidikan perkara dugaan korupsi berupa pemerasan di lingkungan Rutan Cabang KPK dengan Tersangka AF dkk,” ujar Ali Fikri.

Sebelumnya Kapolres Bintan, AKBP Riki Iswoyo mengungkapkan, pihak tidak mengetahui kasus apa yang sedang di periksa, pihak KPK hanya meminta untuk meminjam ruangan.

“Iya ada meminta kita untuk meminjam ruangan, namun kita tidak mengetahui untuk apa dan siapa yang akan diperiksa,” ungkapnya.

Dihari yang sama, pemeriksaan tidak hanya dilakukan di Polres Bintan, Penyidik KPK juga melakukan pemanggilan dan pemeriksaan di sejumlah tempat, diantaranya di Balikpapan, Kendari, dan Polda Sulawesi Tenggara.

Dikutip dari siaran pers laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada tanggal 15 Maret 2024 KPK menetapkan 15 orang Tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi penerimaan uang dalam bentuk pemerasan di lingkungan Rutan Cabang KPK.

Para Tersangka tersebut yaitu AF Kepala Rutan Cabang KPK; HK Pegawai Negeri yang Dipekerjakan (PNYD) selaku Petugas Rutan periode 2018 s.d 2022; DR PNYD sebagai Petugas Pengamanan dan Plt. Kepala Rutan periode 2018; SH PNYD sebagai Petugas Pengamanan; RT PNYD sebagai Petugas Rutan dan Plt. Kepala Rutan periode 2021; ARH dan AN selaku PNYD sebagai Petugas Rutan; EAP PNYD sebagai Petugas Rutan periode 2018 s.d 2022; kemudian MR, SH, RUA, MHA, WD, MA, dan RR selaku Petugas Rutan Cabang KPK.

Dalam pengumuman tersebut Pimpinan KPK menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat indonesia.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *