DAERAHEDITORIALNASIONAL

Ratusan Peserta Pra UKW Tiga Provinsi Ikuti Materi Pembekalan Via Zoom Meeting

62
×

Ratusan Peserta Pra UKW Tiga Provinsi Ikuti Materi Pembekalan Via Zoom Meeting

Sebarkan artikel ini
Ratusan peserta pra UKW Tiga Provinsi mengIkuti materi pembekalan via zoom meeting

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Ratusan peserta pra Uji Kompetensi Wartawan (UK) jenjang Muda, Madya dan Utama di laksankan via zoom meeting untuk 3 Provinsi di indonesia. 102 peserta pra UKW dari Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau. Selasa (23/4).

Pemateri memberikan pemahaman sejarah pembentukan dewan pers hingga  tata cara menjadi seorang wartawan bersertifikasi Muda, Madya dan Utama dengan berpedoman pada undang-undang pers (UU Pers) dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Setelah pemaparan masing-masing pemateri, sesi tanya jawab dan diskusi membuat suasana pra UKW menjadi semakin menarik. Peserta mendapat pembekalan materi yang akan di ujikan untuk masing-masing peserta.

Direktur Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI Pusat, Dr. Firdaus Komar hadir langsung untuk memantau pelaksanaan pra-UKW dan pembekalan serta sesi tanya jawab dan diskusi yang digelar PWI pusat. 

Firdaus Komar menyampaikan pelatihan jurnalistik dan pra UKW menjadi syarat bagi setiap peserta yang akan mengikuti UKW. Pelaksaan pra UKW sudah sesuai dengan Peratutan Dewan Pers No.03/11/2023. 

Kegiatan ini merupakan kelanjutan UKW sebelumnya, beberapa provinsi sudah menetapkan jadwal pelaksanaan UKW. Untuk Papua Tengah UKW telah dilaksanakan pada 18-19 April 2024, di ikuti Riau pada 23-24 April 2024, selanjutnya PWI Sumsel akan melaksanakan UKW pada 26-27 April 2024, disusul Kepri pada 3-4 Mei 2024 di Kota Batam.

Selain keempat provinsi tersebut, LUKW PWI Pusat sedang mempersiapkan beberapa PWI daerah lain yang siap menggelar UKW gratis, seperti Kalsel, Sulteng, Sultra, Jatim, Surakarta, dan Papua Barat, kata Firdaus Komar.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, menegaskan PWI berkomitmen menyelenggarakan UKW gratis di seluruh Indonesia, termasuk di Surakarta untuk membuat seluruh wartawan yang tergabung kedalam PWI menjadi wartawan profesional.

Hendry mengatakan PWI akan tetap menjalankan program-program dengan dukungan sponsor maupun pihak ketiga. Dengan kelanjutan program UKW gratis PWI Pusat, menandakan kesuksesan program yang telah dimulai sejak akhir Desember 2023. 

Ia menekankan pentingnya mendukung program lainnya seperti SJI dan sosialisasi pers kebangsaan, sesuai dengan kebijakan PWI Pusat.

Bahkan salah satu pemateri mendorong PWI daerah untuk berperan aktif mensosialisasikan undang-undang pers, tugas dan fungsi wartawan dan beberapa metode peliputan serta tugas masing-masing peserta pra UKW Muda, Madya dan Utama.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *