DAERAHHUKRIMTANJUNGPINANG

Polresta Tanjungpinang Tangkap Tersangka Penipuan dan Penyalahguna Jabatan 

42
×

Polresta Tanjungpinang Tangkap Tersangka Penipuan dan Penyalahguna Jabatan 

Sebarkan artikel ini
Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu saat menyampaikan keterangan pers di mapolresta

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Satuan Reserse Kriminal Polresta Tanjungpinang menagkap tersangka pelaku penyalahgunaan jabatan di PT Asli Gadai Sejahtera. Tersangka tersebut adalah D.O.T (33) menjabat sebagai Kepala Cabang, dan T.S (31), seorang security perusahaan.

Mereka telah melakukan pengajuan sebanyak 80 berkas dari tahun 2022 hingga 2023. Selain itu, kedua pelaku juga menggunakan 24 lembar KTP nasabah fiktif dan jaminan emas palsu tanpa izin pemiliknya.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol H Ompusunggu, menjelaskan bahwa kedua pelaku melakukan tindakan tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Peran seorang security adalah sebagai pengumpul KTP, sedangkan Kepala Cabang bertugas sebagai pengecekan kadar emas. Selasa (16/4/24).

Mereka membeli emas imitasi, kemudian menggadaikannya ke PT Asli Gadai Sejahtera menggunakan KTP nasabah kerabat kedua tersangka.

Total kerugian yang dialami mencapai Rp900 juta, dengan 80 surat bukti gadai berhasil diamankan. Motif dari kedua pelaku adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal Penggelapan dalam jabatan (374 KUHP), Penggelapan (Pasal 372 KUHP), dan Penipuan (Pasal 378 KUHP) serta pasal penyertaan. Ancaman pidana maksimal yang dihadapi adalah 5 tahun penjara.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *