DAERAHKHAZANAHTANJUNGPINANG

Semarak Ramadhan 1445 H, Pemprov Kepri Pemko Tanjungpinang dan Hulubalang LAM Gelar Kampung Ramadhan

462
×

Semarak Ramadhan 1445 H, Pemprov Kepri Pemko Tanjungpinang dan Hulubalang LAM Gelar Kampung Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua II LAM Kota Tanjungpinang Basyaruddin Idris dan Panglima Hulubalang LAM Tg. Pinang saat memberikan keterangan pers. (25/2)

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Sepanjang bulan ramadhan 2024/1445 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan membuka Kampung Ramadhan dua lokasi di Wilayah Kota Tanjungpinang. 

Kerja sama antara Pemprov Kepri dengan Pemko Tanjungpinang dan LAM Kota Tanjungpinang akan melaksanakan kampung ramadhan di area jalan sekitar Tugu Sirih, dan Lapangan Pamedan, Kota Tanjungpinang. 

Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, Basyaruddin Idris mengatakan setiap tahun sebelum awal ramadhan biasanya masyarakat ramai-ramai mendirikan tenda untuk menjual berbagai kue mue, lauk dan sejenisnya.

Basyaruddin menuturkan tahun ini, inshaa allah kita akan menggandeng Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang dan LAM Kota Tanjungpinang akan membangun perkampungan sementara khusus untuk menjual takjil atau jajanan untuk berbuka puasa.

“Nanti akan kita desaign lokasi ruas jalan disekitar area Tugu Sirih dan Lapangan Pamedan dengan nuansa kampung asri dengan pernak pernik ramadhan,” jelasnya.

Nanti akan ada lampu colok, membuat gerbang dengan nuansa perkampungan dan assesories lain yang mengundang keindahan dan kenyamanan pengunjung bertandang kesana. Nanti kita juga akan berupaya meminta Pj Walikota Tanjungpinang membuat lampu ketupatndi sepanjang jalan Kampung Tua, Jalan Merdeka, ujar Basyaruddin.

Ia menyampaikan bazar ramadhan di ruas jalan Tugu Sirih dan Lapangan Pamedan akan di isi pelaku usaha kecil menengah Seperti UMKM yang menjual makanan, pakaian, assesories dan jajanan lainnya. 

“Untuk aktivitas tempat berjualan, nanti akan digunakan lokasi jalan aspal satu menghadap laut untuk UMKM kuliner ramadhan, dan lokasi jalan aspal kedua menghadap jalan akan digunakan untuk berjualan pakaian dan sebagainya,” sebutnya.

Selain itu, Kampung Ramadhan nanti akan di bangun panggung sementara untuk musik religi, dan akan di isi oleh musisi muda dan legendaris serta seniman Tanjungpinang, Kepri.

Kemudian Basyaruddin mengatakan di kampung ramadhan kami akan menyiapkan Mushola yang bisa menampung 50 sampai 100 jemaah bagi yang ingin berbuka puasa di area tersebut.

“Menjelang waktu berbuka puasa kita akan membuat kegiatan seperti tausyiah atau siraman rohani. Kegiatan ini akan bekerja sama dengan Disdik Kepri, Dewan Mesjid dan Musholla se-Kota Tanjungpinang,” 

Selanjutnya, pihaknya juga akan membuat semacam kegiatan Tausiyah dengan bekerjasama pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Dewan Masjid dan Mushola Tanjungpinang.

“Kegiatan tausyiah nanti akan diisi siswa/i SMA dan SMK yang akan diadakan tiga kali dalam satu minggu. Sambil menikmati hidangan berbuka puasa masyarakat bisa menikmati berbagai hiburan di dua lokasi kampung ramadhan,” terangnya.

Pada kedua kampung ramadhan area ruas jalan tugu sirih dan lapangan pamedan juga bisa digunakan masyarakat sebagai lokasi ngabuburit. Untuk jam operasional dua kampung ramadhan mulai pukul 2.00 Wib sampai selesai waktu makan sahur.

Tujuan pembuatan kampung ramadhan kata Basyaruddin adalah untuk menghidupkan kembali perekenomian UMKM dan menampilkan kesan semarak bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa ramadhan. “Selama ini kita melihat bazar ramadhan biasa saja, namun untuk tahun ini kita akan membuat sesuatu yang luar biasa,” sebut Basyaruddin.

Disinggung apakah akan ada agenda yang sama di jalan merdeka. Menurut Basyaruddin Idris, untuk kegiatan kampung ramadhan hanya dibolehkan untuk dua lokasi saja, yaitu di area ruas jalan tugu airih kiri dan kanan sama di lapangan Pameda. “Sedangkan untuk di jalan merdeka tidak dibolehkan ada kegiatan kampung ramadhan atau sejenisnya”. 

“Penggunaan area jalan Merdeka nanti merupakan kegiatan Pemprov Kepri yang bertajuk ‘Kepri Halal’, kemungkinan dalam kegiatan tersebut akan hadir Wakil Presiden RI, Makruf Amin,” ucapnya.

Selasa 27 Februari 2024

Kami akan menggelar rapat bersama lintas sektor, antara Sekda Prov Kepri, Biro Ekonomi Disperindag, PUPR dan Dishub Provinsi Kepri.

Sebelumnya, Kami LAM Kota Tanjungpinang bersama Hulubalang LAM sebagai penanggung jawab kegiatan akan mengadakan rapat bersama dengan Pemko Tanjungpinang terkait masalah kegiatan kampung ramadhan untuk lokasi lapangan pamedan.

“Bila tidal ada aral melintang, Selasa (27/2) nanti kita mengadakan rapat bersama dengan Pemprov Kepri dan para pihak di Dompak,” tambahnya.

Basyaruddin mengatakan rencana penggunaan kampung ramadhan di tugu sirih dan lapangan pamedan sudah disetujui Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan Pj Walikota Tanjungpinang, Hasan S. Sos.

“Kegiatan ini ditargetkan akan di mulai sebelum tanggal 10 Maret 2024 dan akan diresmikan Gubernur Ansar dan Pj Wako Hasan,” paparnya.

Kendati demikian, Pemerintah meminta kepada para pihak untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban serta kebersihan selama kegiatan kampung ramadhan berlangsung.

Jumlah UMKM berjualan di ruas jalan Tugu Sirih dan Lapangan Pamedan

Panglima Hulu Balang LAM Kepri Tanjungpinang, Yudi Irawan mengatakan untuk di area tugu sirih pihaknya menyediakan sekitar 400 tenda untuk berjualan.

Yudi Irawan mengajak pelaku usaha dan UMKM yang berniat berjualan di kampung ramadhan dapat mendaftar kepada bidang UMKM LAM Kepri Kota Tanjungpinang di Kantor LAM.

“Kami sudah membuka pendaftaran mulai hari ini. Bagi pelaku usaha maupun UMKM yang ingin berjualan dikawasan kampung ramadhan di pamedan dan tugu sirih silahkan mendaftar,” tutupnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *