TANJUNGPINANG

Rayakan Idul Fitri 1443 H, Pemko Tanjungpinang Gelar Takbir Keliling, Ini Rutenya!

688
×

Rayakan Idul Fitri 1443 H, Pemko Tanjungpinang Gelar Takbir Keliling, Ini Rutenya!

Sebarkan artikel ini
Foto peserta takbir keliling Kota Tanjungpinang

REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad SE,MM memberi izin pelaksanaan takbir keliling malam idul fitri untuk seluruh kabupaten dan kota dengan penerapan protokol kesehatan.

Setelah 2 tahun tradisi takbir ditiadakan karena pandemi covid-19. malam menjelang 1 syawal 1443 H, Minggu (1/5/2022) Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali melaksanakan takbir keliling.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun pembatasan sosial karena covid-19, akhirnya pemko Tanjungpinang kembali menggelar pawai takbir keliling untuk menyemarakkan malam hari raya idul fitri 2022,” ucap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah Pemko Tanjungpinang, Riawati, Minggu (1/5/2022).

Pawai takbir rencananya akan dilaksanakan malam ini pukul 19.30 WIB, namun dengan menunggu hasil sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah dari Kementerian Agama Republik Indonesia, bahkan dijadwalkan pelepasan rombongan takbir akan dilakukan langsung oleh Walikota Tanjungpinang, ucapnya.

Sementara sesuai hasil rapat, untuk titik kumpul peserta pawai takbir berada di Jalan Sei Carang atau lebih spesifik lokasi kumpul ditetapkan di depan SPBU Bintan Centre Kilometer 9 Tanjungpinang.

Kemudian untuk rute takbir dimulai dari terminal Sei Carang menuju toko buku Lotus Jalan DI. Panjaitan menuju Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Kemboja, Jalan Ketapang, kemudian menuju Jalan Gereja Ayam, Jalan Yusuf Kahar, dan finish di Jalan Hang Tuah depan Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, ujar Riawati

“Untuk peserta pawai takbir keliling, kita minta camat dan lurah mencari dua peserta dari masjid maupun musholla di wilayah kerja masing-masing. Selain itu, dari OPD pemko dan masjid yang ada di kota Tanjungpinang,” kata Ria.

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 23 tahun 2022, lanjut Ria, kota Tanjungpinang masuk wilayah PPKM level satu. Kendati demikian, ia mengimbau para peserta takbir keliling tetap memperhatikan protokol kesehatan, tetap menggunakan masker selama kegiatan takbir keliling dilaksanakan.

“Kami juga menghimbauagar warga yang ikut atau terlibat dalam momenrum takbir keliking agar tetap menerapkan prokes,” pungkasnya.

Sebelumnya Kapolresta Tanjungpinang AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si mengatakan telah menerjunkan personil Polri yang didukung anggota TNI, Satpol PP, Dishub, pramuka, kesehatan, dan Basarnas untuk membantu pengamanan pelaksanaan takbiran di malam hari raya idulfitri 2022.

“Terdapat tujuh posko yang telah kita sediakan untuk pengamanan lebaran. Forkopinda juga akan turun kelapangan memantau langsung pelaksanaan takbir keliling agar berjalan dengan baik dan lancar, tuturnya. (R)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *