LINGGA

Kapal Rute Batam Lingga Sering Rusak, Ketua DPRD Lingga Minta Dishub Tegur Operator

352
×

Kapal Rute Batam Lingga Sering Rusak, Ketua DPRD Lingga Minta Dishub Tegur Operator

Sebarkan artikel ini

Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin minta operator kapal penumpang sediakan fasilitas lebih baik.

Gambar ilustrasi

REGIONAL NEWS.ID, LINGGA – Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin melalui Dinas Perhubungan meminta mengganti fasilitas kapal ferry yang berlayar dari Batam tujuan Lingga. Masyarakat mengeluh, pasalnya kapal rute itu seringkali mengalami kerusakan pada mesin, ujarnya, di kutip dari laman kutipan.co, Minggu (24/4/2022).

“Belum lama ini kapal ferry rute Batam tujuan Lingga itu mengalami kerusakan mesin yang menyebabkan penumpang harus berpindah kapal,” katanya.

Hal ini membuat pengguna jasa transportasi laut merasa tidak nyaman, “Kapal rusak sebelum dan di dalam perjalanan, itukan membuat masyarakat khawatir, tuturnya.

Karena kondisi ini, Ketua DPRD Kabupaten Lingga meminta agar operator serta Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga segera mencarikan solusi untuk memberikan pelayanan nyaman terhadap masyarakat, khususnya pengguna layanan transportasi laut, tukasnya.

“Kita minta dinas terkait untuk menyurati operator kapal untuk mengganti kapal itu dengan kapal yang lain, lakukan koordinasi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, dan menyiapkan armada tambahan,” kata Ahmad Nashiruddin.

Ahmad Nashiruddin mengatakan koordinasi pergantian saranan pelayanan harus segera dilakukan antara dishub dan operator kapal sebagai penyedia fasilitas pelayaran.

“Kejadian seperti ini seharusnya sudah bisa di antisipasi jauh sebelumnya, mengingat kita sudah mendekati penghujung bulan ramadhan dan mendekati lebaran idul fitri,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Hendry Efrizal mengaku telah melakukan tindakan dengan meminta pihak operator kapal ferry khususnya Lingga ke Batam segera melakukan pembenahan dalam menyediakan fasilitas kapal yang layak untuk melayani masyarakat Kabupaten Lingga.

“Kita telah meminta operator segera melakukan pembenahan dan serius menanggapi hal ini. Saya berharap keseriusan dari semua operator kapal untuk benar-benar melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh,” kata Hendry.

Selain itu, Hendry akan menyurati dan berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri untuk segera melakukan penindakan terhadap operator kapal yang pelayanannya kurang maksimal dan juga meminta penambahan armada kapal rute Batam – Lingga.

Sebagai pelayan masyarakat, tentunya Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga akan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat sesuai dengan kewenangan,

Hendry menjelaskan untuk kewenangan trayek kapal antar kabupaten seperti Batam – Lingga merupakan wewenang Dinas Perhubungan Provinsi Kepri.

“Kami Dishub Kabupaten Lingga akan berusaha memberikan yang terbaik, sesuai dengan kewenangan yang kami punya. Kewenangan kami hanya sebatas mengatur trayek antar pulau dalam Kabupaten Lingga saja, untuk kewenangan antar kabupaten ada di provinsi” kata Hendry.

Ia menambahkan terkait dengan pelayanan transportasi laut yang kurang maksimal dan menimbulkan kekecewaan masyarakat khususnya trayek Batam – Lingga pihaknya juga akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan legislatif untuk mengupayakan sarana transportasi laut berjalan lancar dan kondusif, dengan ketersedian fasilitas layanan memadai. (R)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *