
REGIONAL NEWS.ID, TANJUNGPINANG – CEO & Co-Founder PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) Nicholas Anggada, mengatakan pihaknya menjadi aplikator resmi yang menginisiasi sistem e-ticketing di Kepulauan Riau.
Serta memberikan solusi digital yang mempermudah proses pemesanan tiket kapal.
Sebagai satu-satunya aplikator yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan pelayaran, MKP menyatakan, memastikan penumpang dapat mengakses layanan tiket kapal secara efisien melalui platform tiketkapal.com.
Dengan inovasi berbasis teknologi, MKP berkomitmen untuk meningkatkan transparansi dan kenyamanan perjalanan, sekaligus memfasilitasi digitalisasi transportasi di wilayah ini.
Ketersediaan jadwal dan kursi sepenuhnya berada dalam wewenang masing-masing perusahaan pelayaran.
Adapun kuota yang tersedia di platform ini akan selalu disesuaikan dengan ketersediaan kapasitas kapal terkait
Terkait pertanyaan mengenai adanya kenaikan biaya layanan.
“Kami menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif pelayanan,” katanya dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari laman PRESMEDIA.ID.
Ia juga mengatakan, Pemberlakuan biaya layanan telah disosialisasikan dan diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah dan KSOP setempat pada tanggal 15 November 2024, sebagaimana diinformasikan dalam berbagai sumber media.
“Biaya layanan ini telah ditetapkan sesuai kesepakatan antara Agen dan MKP sebagai aplikator,” katanya.
Sejak awal lanjutnya, biaya layanan telah ditetapkan dengan batas maksimum sebesar Rp 2.000 dengan mempertimbangkan berbagai biaya variabel yang ditanggung oleh pihak Aplikator (MKP).
Sebagai hasilnya, ditetapkan dua tingkatan biaya layanan sesuai dengan harga tiket yang dibeli, sebagai berikut:
1.Rentang Harga Tiket kurang Rp 100 ribu, dengan biaya layanan per tiket Rp 1500.
2.Sedangkan rentang harga tiket lebih besar Rp100 ribu dengan biaya layanan Rp 2 ribu.
MKP kata Nicholas, yang selama ini dikenal dengan solusi Traffic Intelligence System, terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah berbagai sektor, termasuk transportasi laut.
Ke depan, MKP berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan terus mendukung digitalisasi sistem transportasi di Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau.
Sebagai aplikator tunggal yang menginisiasi sistem e-ticketing di Kepulauan Riau, MKP berkomitmen untuk memfasilitasi penumpang dalam proses pemesanan tiket kapal yang lebih mudah dan cepat dengan informasi terbaru.
“Kami juga mendukung agen pelayaran dengan memberikan platform yang memungkinkan mereka untuk lebih efisien dalam mendistribusikan tiket,” ujarnya.
“Dengan sistem e-ticketing dari MKP, kami berharap dapat mengubah wajah transportasi laut, menjadikannya lebih modern dan mudah diakses oleh masyarakat luas,” sebutnya.