BATAMDAERAHNEWSPERISTIWA

Arus Balik Lebaran 2025 di Batam Naik 3 Persen, BP Batam Pastikan Layanan CIQP Tetap Lancar

78
×

Arus Balik Lebaran 2025 di Batam Naik 3 Persen, BP Batam Pastikan Layanan CIQP Tetap Lancar

Sebarkan artikel ini
Anggota/Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan dan Lalu Lintas Barang BP Batam Tinjau Kesiapan Arus Balik di Terminal Ferry Internasional Batam Centre. (Foto: Dok. BP Batam)

REGIONAL NEWS.ID, BATAM – Memasuki H+4 Lebaran 2025, arus balik penumpang di Terminal Ferry Internasional Batam Centre tercatat mengalami lonjakan sebesar 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Badan Pengusahaan (BP) Batam pun turun langsung ke lapangan untuk memastikan kelancaran dan keamanan layanan bagi seluruh penumpang.

Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan, dan Lalu Lintas Barang BP Batam, Ruslan Aspan, memimpin peninjauan langsung pada Sabtu (5/4/2025). Ia didampingi oleh General Manager Pelabuhan Penumpang BP Batam, Benny Syahroni, serta pihak pengelola pelabuhan dari PT Metro Nusantara Bahari.

Ruslan menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk meninjau kesiapan layanan CIQP (Customs, Immigration, Quarantine, and Port) yang menjadi ujung tombak kenyamanan dan keamanan di pelabuhan internasional tersibuk di Batam.

“BP Batam ingin memastikan seluruh stakeholder dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang, baik domestik maupun mancanegara, sesuai arahan Kepala dan Wakil Kepala BP Batam,” ujarnya.

Sepanjang tahun 2024, lebih dari 2 juta penumpang tercatat keluar masuk melalui terminal ini. Di masa arus balik Lebaran 2025, angka keberangkatan penumpang mencapai 134 ribu orang, meningkat dari 130 ribu orang pada periode yang sama tahun lalu.

Ruslan memberikan apresiasi atas sinergi antara BP Batam, Imigrasi, Bea Cukai, dan pengelola pelabuhan dalam menjaga kelancaran operasional.

“Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, kami optimistis arus balik Lebaran tahun ini dapat berlangsung lancar, aman, dan nyaman,” tegas Ruslan.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga ritme dan kualitas pelayanan, mengingat padatnya mobilitas masyarakat usai libur panjang Idulfitri.

Peningkatan jumlah penumpang menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat Batam dan wisatawan dalam memanfaatkan momentum libur Lebaran. Selain mengunjungi keluarga, banyak juga yang memanfaatkan waktu ini untuk liburan ke Singapura dan Malaysia.

Terminal Ferry Internasional Batam Centre dikenal sebagai gerbang utama wisatawan mancanegara menuju Batam dan sekitarnya.

Ruslan menegaskan bahwa BP Batam terus berkomitmen dalam menjaga kualitas layanan selama periode Angkutan Lebaran 2025.

“Kami pastikan seluruh aspek pelayanan berjalan maksimal demi menciptakan pengalaman perjalanan yang positif bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan,” pungkasnya.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *